7 Kondisi Ini Mengharuskan Anda Menggunakan Kaca Mata
Admin 59x Dilihat 19, May 2020

Di era digitalisasi ini, mata akan mudah terganggu terutama bagi Anda yang sering menatap layar komputer atau ponsel.

Sayangnya banyak orang beranggapan kalau penggunaan kacamata hanya untuk mengatasi mata minus atau silinder. Padahal ada beberapa kondisi mata yang mengharuskan Anda menggunakan kacamata.

Reena Garg, MD, sub spesialis mata dalam bidang laser, bedah glaukoma, dan katarak di Washington Eye Institute di Riverdale, Maryland, menyarankan Anda untuk memakai kacamata jika mengalami 7 hal berikut ini, dilansir dari Reader's Digest.

1. Mata terasa sakit

Menurut dr. Garg, "Jarak lensa kacamata yang salah akan membuat otot mata bekerja lebih keras, sehingga menyebabkan mata terasa gatal, kelelahan, berair, atau kering."

2. Sakit kepala

Kerja otot mata yang berlebihan setelah membaca buku, menatap layar komputer atau papan tulis akan membuat sakit kepala. Maka dari itu, dr. Garg menyarankan untuk fokuskan mata pada benda jauh selama 15-30 detik untuk mengistirahatkan otot mata.

3. Sering menyipitkan mata

Menyipitkan mata akan mengurangi cahaya yang masuk yang membantu mata mendapatkan penglihatan yang lebih jelas. Namun, jika dilakukan terlalu lama malah akan merusak penglihatan Anda dan berakhir sakit kepala. Menurut dr.Garg, karena kebiasaan, jadi tanpa sadar Anda sering menyipitkan mata.

4. Tidak pernah memakai kacamata hitam

Paparan sinar yang terlalu terang akan memberatkan mata. Begitu juga saat Anda menggunakan ponsel. Mengurangi tingkat kecerahan layar TV, komputer atau ponsel serta penggunaan kacamata akan membantu mencegah mata bekerja terlalu berat.

5. Sering mengatur komputer

Bagi Anda yang sering merasa tidak nyaman saat duduk di depan komputer, Garg juga menyarankan untuk menggunakan kacamata.

"Kebanyakan pasien sering mengutak-atik posisi komputer, seperti duduk lebih jauh dari layar komputer, atau menempatkan buku di bawah komputer agar mereka melihat layar lebih baik," katanya.

6. Merasa mual

Kedua mata menghasilkan gambar dari apa yang terlihat dan mengirim sinyal ke otak untuk mendapat gambaran yang jelas. Tetapi jika satu mata memiliki penglihatan yang lebih kabur dari yang satunya, sehingga otak memiliki dua gambar dengan kualitas berbeda, akan sulit bagi otak untuk menyatukan gambar-gambar tersebut. Yang pada akhirnya menyebabkan Anda merasa vertigo, mual, atau silinder (saat mata menghasilkan gambar berbayang).

7. Sudah lebih dari 1 tahun sejak terakhir periksa mata

Setidaknya sekali dalam setahun Anda harus memeriksakan mata ke dokter, saran dr. Garg.

 

Sumber : Liputan6.com/IG/@aruanmarsha

Bagikan ke :

Berita Lainnya



Jadwal Operasi LASIK Terbaru
Admin 226x Dilihat 15, Jun 2020